Rabu, 04 Mei 2011

Definisi Partus dan Prigmigravida Tua

alat-alat partus
Partus adalah proses pengeluaran hasil konsepsi ( janin dan uri ) yang telah cukup bulan atau dapat hidup di luar kandungan melalui jalan lahir atau jalan lain dengan bantuan atau tanpa bantuan ( kekuatan sendiri ). ( I Gde Manuaba )

Primigravida tua adalah usia lebi dari 35 tahun pada kehamilan pertama. ( Askeb pada primigravida tua )

Persalinan primi tua adalah proses persalinan  yang pertama kali dialami oleh wanita yang berusia lebih dari 35 tahun.

Primi tua ialah seorang yang pertama kali hamil pada usia 35 tahun/lebih, ada kemungkinan persalinan berlangsung lebih panjang disebabkan cerviks yang kaku atau inertia uteri (kelemahan his) (Obstetri Fisiologi, UNPAD).


Persalinan diusia ini mempunyai resiko karena :
a.Insiden kelainan fetus pada bayi meningkat.
b.Infertilitas yang lampau sering dan waktu yang tersedia untuk kehamilan yang akan datang terbatas. (Askeb pada primigravida tua)
c.Kecenderungan untuk melahirkan secara secsio caesaria
d.Masalah-masalah  dengan Diabetus Mellitus dan Hipertensi.
e.Persalinan yang lebih sulit dan lama. (kehamilan diatas 30 tahun)
Primigravida

Penyulit lain pada primitua adalah hipertensi, myoma uteri, dan ischemia rahim yang dapat menyebabkan hypoksia janin (Obstetri Fisiologi, UNPAD)
Persalinan bagi wanita yang berusia 30 – 40 tahun akan lebih lama dibandingkan dengan wanita yang berusia di bawah 30 tahun. Karena serviks pada wanita yang berusia 30-40 tahun tidak berdilatasi secara mudah seperti pada wanita yang berusia di bawah 30 tahun. Kontraksi rahim tidak secepat yang terjadi pada wanita yang berusia di bawah 30 tahun dan perdarahan post partum pada wanita yang berusia diatas 30 tahun mungkin berlangsung lebih lama dan lebih banyak. (kehamilan di atas 30 tahun)
Wanita yang berusia diatas 30 tahun mungkin juga akan mengalami kesulitan untuk hamil. Kalaupun hamil wanita usia ini mempunyai kesempatan 5% untuk melahirkan bayi dengan kelainan kromosom. (kehamilan di atas 30 tahun) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar