RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan
: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak
langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.1
Menanggapi siaran atau informasi dari
media elektronik (berita dan
nonberita)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Pokok-pokok isi berita
·
penangapan isi berita
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menuliskan isi
siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan
mudah dipahami.
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyampaikan
secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
||
3
|
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat)
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan
secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak,
menambahkan pendapat)
·
Menanggapi
berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat
dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat)
|
·
Mencari
Siaran (langsung)
dari radio/ televisi, teks yang
dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·
Menanggapi
berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
|
·
Siswa
berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Siswa
Menuliskan isi berita .
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F Membentuk kelompok diskusi
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur
panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F Mendiskusikan isi berita
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Radio/ tape
·
Televisi
·
CD salinan berita atau kaset rekaman
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui
rekaman
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita,
tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
·
unsur
intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
·
unsur
ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,
dll.).
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menanggapi (setuju
atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan
teman.
|
||
3
|
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.).
|
||
4
|
Menanggapi
(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang
disampaikan teman.
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita
yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·
Menyampaikan
unsur-unsur ekstrinsik (nilai
moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan
disertai contoh kutipannya.
·
Menanggapi
(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang
disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·
Menyampaikan
unsur-unsur ekstrinsik (nilai
moral,kebudayaan, agama, dll.)
|
·
Mencari
siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung
/tidak langsung
·
Menanggapi
(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang
disampaikan teman.
|
·
Siswa dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam
cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·
Siswa
Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro
Jonggrang, Malin Kundang)*
F Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
F Menyampaikan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
F Diskusi dan tanya jawab
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku
cerita/kaset
LKS
: Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku
pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas
X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara
; 2.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan,
berdiskusi, dan bercerita.
B.
KOMPETENSI
DASAR :
2.1 Memperkenalkan
diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Contoh
kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi
·
penggunaan sapaan
·
penggunaan diksi
·
penggunaan struktur kalimat
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya,
sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak
monoton
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menggunakan
diksi (pilihan kata) yang tepat
|
||
3
|
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada
pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
|
||
4
|
Memperbaiki
pengucapan kalimat yang kurang sesuai
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengucapkan kalimat perkenalan
(misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi) dengan
lancar dan intonasi yang tidak monoton
·
Menggunakan diksi (pilihan
kata) yang tepat dan sesuai dengan
kondisi.
·
Menanggapi
kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
·
Memerbaiki
pengucapan kalimat yang kurang sesuai
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengucapkan kalimat perkenalan
dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
|
·
misalnya, sebagai moderator atau
pembawa acara resmi atau tidak resmi
|
·
Siswa dapat Memperkenalkan
diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mengamati
moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau
tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri sendiri dan
pembicara dalam diskusi.
F Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan
yang dilakukan oleh teman
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
-
Penugasan
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku teks yang terkait
·
Buku pendamping : (1) LKS : Tim. Bahasa
Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
·
Buku pendamping: (2) Syamsuddin A.R. Kompetensi
Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri. 2006.
·
Media cetak/ elektronik/CD
·
Tuturan langsung
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara
: 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan
berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
B.
KOMPETENSI
DASAR :
2.2
Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita,
artikel, atau buku)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Teks berita, artikel, buku yang
berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
- penentuan masalah dalam berita
- daftar kata sulit dan maknanya
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mencatat
masalah dari berbagai sumber
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menanggapi
masalah dalam berita, artikel, dan buku
|
||
3
|
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap
masalah yang disampaikan
|
||
4
|
Mendaftar
kata-kata sulit dalam teks bacaan
|
||
5
|
membahas maknanya
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat :
1)
Mencatat
masalah dari berbagai sumber
2)
Menanggapi
masalah dalam berita, artikel, dan buku
3)
Mengajukan
saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4)
Mendaftar
kata-kata sulit dalam teks bacaan
5)
membahas
maknanya
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Ceramah
·
Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati Teks berita, artikel,
buku yang berisi informasi aktual.
·
Menuliskan kata sulit dalam teks bacaan
|
·
Mencari dan mengumpulkan data (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana
alam)
·
Mendaftar
kata-kata sulit dalam teks bacaan
|
·
Siswa dapat Mencatat masalah dari berbagai sumber.
·
Siswa dapat membahas maknanya.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Secara bergiliran siswa mencari
artikel, atau buku yang berhubungan dengan
lingkungan daerah masing-masing (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam
yang terkait dengan daerah setempat)*
F Membaca berita, artikel atau
buku.
F
Mengidentifikasi masalah dalam
artikel
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F
Mendiskusikan masalah
F
Melaporkan hasil diskusi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku cerita lucu/ kaset cerita
·
Pengalaman langsung
·
Bukupendamping :Syamsuddin A.R. Kompetensi
Berbahasa dan Sastra Indonesia
Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara
: 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan
berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
B.
KOMPETENSI
DASAR :
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan
pilihan kata dan ekspresi yang tepat
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Cerita pengalaman (yang lucu,
menggembirakan, mengharukan, dsb.)
·
penggunaan
diksi (pilihan kata)
·
penggunaan
intonasi, jeda, dan ekspresi
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi
(yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi
yang tepat
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menanggapi pengalaman pribadi yang
disampaikan
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menyampaikan secara lisan
pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan, mengharukan,
dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
·
Menanggapi atau membahas
pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman dengan bahasa yang santun dan
efektif.
·
Menuliskan pengalaman pribadi
dengan menggunakan kalimat efektif.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Ceramah
·
Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menceritakan berbagai pengalaman
|
·
Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
|
·
Siswa dapat Menyampaikan
secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan,
mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman
(yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata
dan ekspresi yang tepat.
F Menanggapi atau membahas pengalaman pribadi yang disampaikan oleh
teman dengan bahasa yang santun dan efektif
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menuliskan pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat efektif.
F Secara bergiliran siswa
bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan,
atau mengharukan) dengan menggunakan:
F pilihan kata
dan ekspresi secara tepat.
F Menggunakan kosakata sesuai dengan
situasi dan konteks.
F Membahas pengalaman yang diceritakan
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4
x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku cerita lucu/ kaset cerita
·
Pengalaman langsung
·
Bukupendamping : Syamsuddin A.R. Kompetensi
Berbahasa dan Sastra Indonesia
Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahu
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca : 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
B.
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menemukan ide pokok
berbagai teks nonsastra dengan teknik
membaca cepat (250 kata/menit)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Membaca
cepat :
·
teks nonsastra
·
teknik membaca cepat
·
rumus membaca cepat
·
fungsi membaca cepat
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Membaca cepat
teks dengan kecepatan 250 kata/menit
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
|
||
3
|
Membuat
ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Membaca
cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.
·
Menemukan ide pokok dan ide
penjelas paragraf dalam teks.
·
Menentukan jenis paragraf dan
wacana.
·
Membuat
ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.
F.
METODE PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menemukan
ide pokok berbagai teks
nonsastra
|
·
Membaca
cepat (250 kata/menit)
|
·
Siswa dapat menguasaiteknikMembaca cepat teks dengan kecepatan 250
kata/menit
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca cepat teks
dengan kecepatan 250 kata/menit.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menemukan ide pokok paragraf dalam teks.
F Membuat
ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
-
Penugasan.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Media massa/ koran/ majalah/ internet
·
Buku yang berkaitan dengan budaya
setempat
·
Buku pendamping
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca : 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
B.
KOMPETENSI
DASAR :
3.2 Mengidentifikasi ide pokok teks
nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Teks nonsastra dari
berbagai sumber:
·
ide pokok tiap paragraf
·
ide pokok dari berbagai sumber
·
fakta dan opini
·
ringkasan isi
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menuliskan
kembali isi bacaan secara ringkas
dalam beberapa kalimat
|
||
3
|
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi ide pokok dan ide
penjelas tiap paragraf.
·
Menuliskan
kembali isi bacaan secara ringkas dalam
beberapa kalimat buatan sendiri.
·
Mengidentifikasi serta membedakan fakta dan pendapat.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menemukan
ide pokok berbagai teks
nonsastra
|
·
Membaca
cepat (250 kata/menit)
|
·
Siswa dapat Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca teks berita/ artikel tentang kesenian daerah.
F Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas.
F Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
-
Penugasan.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI WAKTU :
4
x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
§ Media massa/ koran/ majalah/ internet
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
4.
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif,
deskriptif, ekspositif)
B.
KOMPETENSI
DASAR :
4.1 Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Paragraf naratif:
·
contoh paragraf naratif
·
pola pengembangan paragraf naratif
(urutan waktu, tempat)
·
ciri/ karakteristik paragraf
naratif
·
kerangka paragraf naratif
·
penggunaan kata ulang dalam
paragraf naratif
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mendaftar
topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyusun
kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
|
||
3
|
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
|
||
4
|
Menyunting
paragraf naratif yang ditulis teman
berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
|
||
5
|
Menggunakan kata ulang dalam paragraf
naratif
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mendaftar
topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
·
Menyusun
kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa.
·
Mengembangkan
kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif.
·
Menyunting
paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa,
dan EYD
·
Menggunakan kata ulang dalam
paragraf naratif.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menulis paragraf naratif
|
·
contoh paragraf naratif
|
·
SiswaMenyunting
paragraf naratif yang ditulis teman
berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mencontohkan paragraf dan ciri-ciri paragraf naratif.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca paragraf naratif.
F Mengidentifikasi struktur
paragraf naratif
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
F Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman
F Mendiskusikan
paragraf naratif.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
-
Penugasan.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku teks yang terkait dengan naratif: Deskripsi dan
Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah.
·
Buku Ejaan Yang Disempurnakan, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan: Balai Pustaka.
·
Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia, Wisnu Sujianto dan Dwi
haryanti, Sukoharjo: Yay. Ranafaza.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis
: 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif,
deskriptif, ekspositif)
B.
KOMPETENSI
DASAR :
4.2 Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Paragraf
deskriptif:
·
contoh paragraf deskriptif
·
pola pengembangan paragraf
deskripsi
·
ciri/ karakteristik
·
paragraf deskriptif
·
Kerangka paragraf deskriptif
·
contoh penggunaan frasa ajektif
dalam paragraf deskriptif
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mendaftar topik- topik yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf
deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyusun
kerangka paragraf deskriptif
|
||
3
|
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf deskriptif
|
||
4
|
Menggunakan
frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
|
||
5
|
Menyunting paragraf deskriptif yang
ditulis teman
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mendaftar topik-topik yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·
Menyusun
kerangka paragraf deskriptif
·
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf deskriptif
·
Menggunakan
frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·
Menyunting paragraf deskriptif
yang ditulis teman
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
|
·
contoh paragraf deskriptif
|
·
SiswaMengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf deskriptif.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca paragraf deskripsi
F Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif
&
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menulis paragraf deskriptif
F Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
F Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman
F Mendiskusikan paragraf deskriptif
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini..
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Deskripsi dan Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa
Indah.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui, Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis
: 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif,
deskriptif, ekspositif)
B.
KOMPETENSI
DASAR :
4.3
Menulis gagasan secara logis dan
sistematis dalam bentuk ragam paragraf
ekspositif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Paragraf Eksposisi:
·
contoh paragraf ekspositif
·
pola pengembangan paragraf
ekspositif
·
contoh penggunaan kata berimbuhan
dalam paragraf ekspositif
·
penggunaan kata penghubung dalam
paragraf
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mendaftar topik- topik yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf
ekspositif
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyusun
kerangka paragraf ekspositif
|
||
3
|
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
|
||
4
|
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam
paragraf ekspositif
|
||
5
|
Menyunting paragraf ekspositif yang
ditulis teman
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mendaftar topik- topik yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
·
Menyusun
kerangka paragraf ekspositif
·
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata
penghubung yang tepat
·
Mengidentifikasi kata berimbuhan
dalam paragraf ekspositif
·
Menyunting paragraf ekspositif
yang ditulis teman
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam
bentuk ragam paragraf ekspositif
|
·
contoh paragraf ekspositif
|
·
SiswaMengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca paragraf ekspositif
F Mengidentifikasi karekteristik
paragraf ekspositif
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang
tepat
F Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
F Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman
F Mendiskusikan paragraf eksposistif
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Refleksi
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
-
Penugasan
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Gorys Keraf, Eksposisi, Nusa Indah:
Ende-Folres. 2000
Wisnu Sujianto, Rangkuman Bahasa
dan Sastra Indonesia, Yay. Ranafaza,
Sukoharjo, 2004
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan
: 5. Memahami puisi yang
disampaikan secara langsung/ tidak langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
5.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui
rekaman
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Rekaman puisi atau pembacaan langsung :
·
majas,
·
irama
·
kata-kata konotasi
·
Kata-kata bermakna
·
lambang
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata
berkonotasi dan bermakna lambang)
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
|
||
3
|
Mengartikan
kata-kata berkonotasi dan makna lambang
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi majas/gaya bahasa
yang dipergunakan oleh penyair.
·
Mengidentifikasi rima atau
persajakan akhir.
·
Mengidentifikasi kata-kata
berkonotasi dan bermakna lambang.
·
Menanggapi unsur-unsur puisi yang
ditemukan
·
Mengartikan
kata-kata berkonotasi dan makna lambang
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
unsur-unsur bentuk suatu puisi
yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
|
·
contoh Rekaman puisi atau pembacaan langsung
|
·
SiswaMengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna
lambang).
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mendengarkan pembacaan puisi “Blues untuk Bonnie” karya Rendra.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut.
F Melaporkan hasil diskusi.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
F Penugasan
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Rekaman pembacaan puisi Ballada
Orang-orang Tercinta, Rendra.
·
Tuturan/Pembacaan langsung
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan : 5. Memahami puisi yang disampaikan secara
langsung/ tidak langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung
ataupun melalui rekaman
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan :
·
jenis puisi
·
isi puisi
·
tema
·
maksud puisi
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menyebutkan
tema puisi yang didengar
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyebutkan jenis puisi yang didengar
(balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire)
|
||
3
|
Menjelaskan maksud puisi
|
||
4
|
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menyebutkan tema puisi yang
didengar.
·
Menyebutkan jenis puisi yang
didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire).
·
Menjelaskan maksud puisi.
·
Mengungkapkan
isi puisi dengan kata-kata sendiri.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
L.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
unsur-unsur bentuk suatu puisi
yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
|
·
contoh Rekaman puisi atau pembacaan langsung
|
·
SiswaMengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna
lambang).
|
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F Guru mendeskripsikan jenis-jenis puisi.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mendengarkan puisi
F Mengidentifikasi jenis puisi
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Mendiskusikan isi puisi
F Melaporkan hasil diskusi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
H.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
I.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
rekaman puisi/ tape
·
puisi yang dibacakan
J.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara : 6. Membahas cerita
pendek melalui kegiatan diskusi
B.
KOMPETENSI
DASAR :
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau
mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Naskah cerita
pendek :
·
isi cerpen
·
hal yang menarik
·
unsur-unsur
intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
·
penggunaan
kalimat langsung/ tidak langsung
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang
dibaca dengan kata-kata sendiri
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Mengungkapkan
hal-hal yang menarik atau mengesankan
|
||
3
|
Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
cerita pendek yang dibaca.
|
||
4
|
Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang
dibaca, baik oleh dirinya sendiri maupun temannya dengan kalimat sendiri.
·
Mengungkapkan
hal-hal yang menarik atau mengesankan yang terdapat dalam cerpen yang dibaca.
·
Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat)
cerita pendek yang dibaca.
·
Mengidentifikasi
kalimat langsung dan tidak langsung yang terdapat di dalam cerpen
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengemukakan
hal-hal yang menarik atau mengesankan dari
cerita pendek
|
·
contoh Naskah cerita pendek
|
·
SiswaMenceritakan kembali isi cerita pendek yang
dibaca dengan kata-kata sendiri.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca cerita pendek
F Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata
sendiri
F Mengungkapkan
hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut
pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca
F Melaporkan hasil diskusi
F Mengidentifikasi
kalimat langsung dan tidak langsung
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
buku kumpulan cerpen: Tegak Lurus dengan Langit,
Iwan Simatupang.
·
media massa/ internet: Cybersastra.com, Kompas online
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara : 6. Membahas cerita
pendek melalui kegiatandiskusi
B.
KOMPETENSI
DASAR :
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Naskah cerita
pendek
·
nilai budaya
·
nilai moral
·
nilai agama
·
nilai politik
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menemukan
nilai-nilai dalam cerpen
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Membandingkan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
|
||
3
|
Mendiskusikan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menemukan
nilai-nilai dalam cerpen
·
Membandingkan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan
nilai-nilai sosial dan budaya yang terdapat dalam cerpen
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menemukan
nilai-nilai cerita pendek
|
·
contoh nilai Naskah
cerita pendek
|
·
SiswaMendiskusikan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca cerita pendek
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
buku kumpulan cerpen : Malam Terakhir, Leila S.
Chudori, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Sekolah Dasar dan Menengah
·
media massa/ internet: cybersastra.com.
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca
: 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi
dan cerpen
B.
KOMPETENSI
DASAR :
7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang
tepat
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Puisi :
·
lafal
·
tekanan
·
intonasi
·
jeda
·
pemenggalan kata, frasa
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Membahas
pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.
|
||
3
|
Memberi saran
perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Membaca
puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, ekspresi dan intonasi yang sesuai
dengan isi puisi.
·
Membaca
puisi dengan menempatkan jeda yang tepat.
·
Membahas
pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.
·
Memberi
saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membacakan puisi dengan lafal,
nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
|
·
contoh Puisi :
·
lafal
·
tekanan
·
intonasi
·
jeda
·
pemenggalan kata, frasa
|
·
Siswa Membaca
puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai
dengan isi puisi..
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membacakan puisi dengan
memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
F Memberi saran perbaikan pembacaan puisi
yang kurang tepat
F Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam puisi dan
cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
buku kumpulan puisi : Ballada Orang-orang Tercinta,
Potret Puisi dalam Pembangunan, Rendra.
·
internet : cybersastra.com
§ media massa: Solopos, Republika.
§ Puisi buatan siswa
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca : 7. Memahami wacana sastra melalui
kegiatan membaca puisi dan cerpen
B.
KOMPETENSI
DASAR :
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik
suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Naskah
cerpen : unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi unsur-unsur (tema,
penokohan, dan amanat) cerita pendek
yang telah dibaca
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan,
dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi unsur-unsur (tema,
penokohan, dan amanat) cerita pendek
yang telah dibaca
·
Mengaitkan unsur intrinsik (tema,
penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen
|
·
Naskah cerpen : unsur intrinsik
(tema, penokohan, dan amanat)
|
·
SiswaMengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan
kehidupan sehari-hari.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca cerpen
F Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan
kehidupan sehari-hari
F
Mendiskusikan wacana sastra
melalui kegiatan membaca puisi dan
cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
F Penugasan
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku kumpulan cerpen : Sri Sumarah
dan Bawuk
·
media massa : Jawa Pos, Solopos,
Republika, Kompas
·
internet:
rumahku.org.id
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis
: 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
B.
KOMPETENSI
DASAR :
8.1 Menulis puisi lama dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Contoh puisi lama (pantun, syair)
·
bait
·
irama
·
rima
·
perbedaan pantun dengan syair
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi
puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Membedakan bentuk pantun dan syair
|
||
3
|
Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan
bait, irama, dan rima
|
||
4
|
Menyunting
puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi
puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·
Menentukan
ciri-ciri pantun dan syair
·
Membedakan bentuk pantun dan syair
·
Menulis pantun/ syair dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
·
Menyunting
puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menulis
puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
·
Contoh
puisi lama (pantun, syair)
|
·
SiswaMenulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca puisi lama (pantun, syair)
F Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
F Menyunting puisi
lama (pantun/ syair) yang dibuat teman
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
buku kumpulan puisi lama : Syair Bibasari, Syair Si
Pelanduk Jenaka
·
Internet/ media massa : berbalas
pantun.com
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS :
X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis
: 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
B.
KOMPETENSI
DASAR :
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Contoh puisi baru :
·
ciri-ciri puisi baru
·
bait
·
rima
·
irama
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan
bait, irama, dan rima
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menulis puisi baru dengan memperhatikan
bait, irama, dan rima
|
||
3
|
Menyunting puisi baru yang dibuat teman
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi puisi baru
berdasarkan bait, irama, dan rima
·
Menulis puisi baru dengan
memerhatikan bait, irama, dan rima
·
Menyunting puisi baru yang dibuat
teman
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menulis puisi baru dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
|
·
Contoh puisi baru :
|
·
SiswaMenulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Membaca puisi baru
F Mengidentifikasi puisi baru
berdasarkan bait, irama, dan rima
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
F Menyunting puisi baru yang
dibuat teman
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
buku kumpulan puisi
·
internet/media
massa
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§ jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
================================================
BalasHapusLive Chat Ayam Sabung
SV388
178.128.118.38
Situs Poker Online Uang Asli
Situs Judi Online Uang Asli
Link Alternatif Fifapoker
================================================