Sabtu, 17 September 2011

Psikologi Pendidikan (Peranan Sikap, Minat dan belajar Motifasi dalam belajar)


Peranan sikap, minat dan motivasi dalam belajar
Sikap,minat dan motifasi merupakan factor internal psikologis yang sangat berperan dalam proses belajar. Seseorang siswa akan mau dan tekun dalam belajar atau tidak sangat tergantung dalam sikap, minat dan motifasi yang ada pada dirinya. Untuk memahami bagaimana peranan dari factor internal psikologis tersebut dapat di peroleh melalui jawaban permasalahan-permasalahan sebagai berikut:
a. Apa yang di maksut dengan sikap dan minat itu dalam psikologi?
b. Sikap dan minat yang bagaimana yang menunjang belajar?
c. Apa peranan sikap dan minat tersebut dalam belajar?
d. Apa yang di maksut dengan motifasi?
e. Motifasi apa saja yang dapat menunjang belajar?
f.. Apa fungsi motifasi dalam proses belajar?
1.      Pengertian Sikap Dan Minat
Menurut psikologi, sikap dan minat adalah merupakan pola reaksi individu terhadap sesuatu stimulus/lingkungan. Sikap (attitude)diartikan sebagai suatu kecendrungan untuk mereaksi terhadap suatu hal, orang atau benda dengan suka, tidak suka atau acuh tak acuh. Kecendrungan mereaksi atau sikap seseorang terhadap sesuatu hal , orang atau benda dengan demikian bisa tiga kemungkinan, yaitu suka (menerima/senang);tidak suka (menolak/tidak senang); dan sikap acuh tak acuh.
Perwujudan atau terjadinya sikap seseorang itu  dapat di pengaruhi oleh factor pengetahuan , kebiasaan dan keyakinan; karena itu untuk membentuk /membangkitkan suatu sikap yang positif atau untuk menghilangkan suatu sikap yang negative dapat di lakukan dengan memberitahukan/menginformasikan faedah atau kegunaan, dengan membiasakan atau dengan dasar keyakinan.
Adapun yang di maksud dengan minat (interesest) menurut psikologi adalah suatu kecendrungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Minat ini erat kaitannya dengan perasaan terutama perasaan senang, karena itu dapat dikatakan minat itu terjadi karena sikap senang kepada sesuatu. Orang yang berminat kepada sesuatu berarti ia sikapnya senang kepada sesuatu itu.

2.      Sikap dan Minat yang Menunjang Belajar
Sikap dan minat merupakan faktor psikologis yang akan mempengaruhi belajar. Dalam hal ini sikap yang akan menunjang belajarseseorang ialah sikap positif (menerima/suka) terhadap bahan/mata pelajaran yang dipelajari, terhadap guru yang mengajar dan terhadap lingkungan tempat dimana ia belajar seperti : kondisi kelas, teman-temanya, sarana pengajaran dan sebagainya.
Adapun minat yang dapat menunjang belajar adalah minat kepada bahan/mata pelajaran dan kepada guru yang mengajarnya. Apabila siswa tidak berminat kepada bahan/mata pelajaran juga kepada gurunya, maka siswa tidak akan mau belajar. Oleh karena itu apabila siswa tidak berminat sebaiknya siswa di bangkitkan sikap positif (sikap menerima) kepada pelajaran dan kepada gurunya, agar siswa mau belajar memperhatikan pelajaran.

  1. Peranan Sikap dan Minat Dalam Belajar
Sikap dan minat salah satunya harus ada dalam belajar yaitu apablia tidak ada minat kepada pelajaran/gurunya, paling tidak pada diri siswa itu harus ada sikap yang positif (menerima) kepada pelajaran yang dipelajari atau kepada gurunya. Sikap dan minat sebagai faktor psikologis berbeda peranannya dalam belajar. Dalam proses belajar sikap itu berfungsi sebagai “dynamic force “ yaitu sebagai kekuatan yang akan menggerakan orang untuk belajar. Jadi siswa yang sikapnya negative (menolak / tidak senang) kepada pelajar atau gurunya tidak akan bergerak untuk mau belajar, sebaliknya siswa yang sikapnya positif akan digerakan oleh sikapnya yang positif itu untuk mau belajar.
Peranan minat dalam belajar lebih besar atau kuat dari sikap yaitu minat akan berperan sebagi “ Motifating Force  yaitu sebagai kekuatan yang akan mendorong siswa untuk belajar. Siswa yang berminat (Sikapnya senang) kepada pelajaran akan tampak terdorong terus untuk tekun belajar, berbeda dengan siswa yang sikapnya hanya menerima pada pelajaran, mereka hanya tergerak untuk mau belajar tetapi sulit untuk bisa tekun karena tidak ada pendorongnya.

  1. Pengertian Motivasi
Dalam psikologi, motivasi diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi pendorong timbulnya suatu tingkah laku.
Pendorong timbulnya tingkah laku atau motivasi itu ada dua macam yaitu : Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik. Motivasi Intrinsik ialah motivasi yang timbul dari dalam diri seseoarang atau motivasi yang erat hubungannya denga tujuan belajar, misalnya : ingin memahami suatu konsep, ingin memperoleh pengetahuan, ingin memperoleh kemampuan, dan sebagainya.
Motivassi Ekstrinsik ialah motivasi yang datangnay dari luar diri individu, atau motivasi ini tidak ada kaitannya dengan tujuan belajar, sseperti belajar karena tidak takut kepada guru, atau karena tidak ingin lulus,  ingin memperoleh nilai tinggi, yang semuanya itu tidak berkaitan langsung dengan tujuan belajar yang dilaksanakan

  1. Motivasi yang Menjadi Penunjang Belajar
Baik motivasi Intrinsik ataupun motivasi Ekstrinsik, kedua-duanya dapat menjadi pendorong untuk belajar, namun tentunya agar aktifitas dfalam belajarnya memberikan kepuasan atau ganjaran diakhir kegiatan belajarnya maka sebaiknya motivasi yang mendorong siswa untuk belajar adalah motivasi Intrinsik.

  1. Peranan Motivasi dalam Belajar
Motivasi sangat berperan dalam belajar. Dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar, dan dengan motivasi itu pulalah kwalitas hasil belajar siswa juga kemingkinan dapat diwujudkan. Siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan jelas  pasti akan tekun dan berhasil belajarnya. Kepastian itu dimungkinkan oleh sebab adanya ketiga fungsi motivasi sebagai berikut
a.      mendorong orang untuk berbuat dalam mencaapai tujuan.
b.     Penentu arah perbuatan yakni kearah tujuan yang hendak dicapai.
c.      Penseleksi perbuatan sehingga perbuatan orang yang mempunyai senantiasa selektif dan tetap terarah kepada tujuan yang ingin dicapai.
Berdasarkan arti dan fungsi motivasi diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi itu bukan hanya berfungsi sebagai penentu hasil perbuatan. Sejalan dengan asrti dan fungsi motivasi tersebut dalam agam islam ada jenis motivasi yang arti dan fungsinya sama ayitu “ Niat”, seperti yang dikemukakan oleh Rosulullah SAW. Dalam sebuah hadist “ Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari Niatnya, dan setiap orang yang akan mendapatkan Sesuatu ( Balasan Perbuatan) sesuai dengan Niatnya.”
Dengan demikian niat itu sama dengan motivasi yang akan mendorong untuk bekerja atau melakukan sesuatu pernuatan dengan sungguh-sungguh (tekun) dan selanjutnya niat atau motivasi itu pulalah yang akan menentukan pahal atau balasan sebagai hasil perbuatannya.



KATA PENGANTAR
                                                                               
           
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena Dia  senantiasa memberikan nikmat-Nya, sehingga penyusunan makalah yang berjudul Psikologi Pendidikan “Peranan Sikap, Minat dan belajar  Motifasi dalam belajar” ini dapat terselesai dengan baik. Dengan membaca makalah ini penulis berharap dapat membantu pembaca sekalian mengetahui tentang cara pembuatan susu maupun yang lainnya. Untuk para pembaca umumnya, karya tulis ini kiranya dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan wawasan yang telah ada.
Walaupun penulis telah berusaha sesuai kemampuan, namun penulis yakin bahwa manusia itu tak ada yang sempurna. Seandainya  dalam penyususnan makalah ini terdapat kekurang, maka itulah bagian dari kelemahan penulis.
            Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca makalah ini. Untuk itu penulis selalu menantikan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.




Langsa, September 2011



Ismaini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar