Kamis, 28 April 2011

Referensi Sejarah dan Kebudayaan Aceh


Referensi Sejarah dan Kebudayaan Aceh


Aceh memiliki sejarah yang sangat panjang. Kebudayaannya terkenal sejak ratusan tahun lalu di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia. Namun sejarah dan kebudayaan lokal Aceh ini akan musnah perlahan-lahan jika tidak dilestarikan oleh kita- para generasi penerus.

Pelestarian budaya Aceh yang beragam harusnya dilakukan secara kontinyu. Jika tidak, semua ini akan berdampak pada musnahnya banyak warisan budaya karena lapuk dimakan usia, terlantar, terabaikan bahkan dilecehkan keberadaannya. Padahal banyak bangsa yang kurang kuat sejarahnya justru mencari-cari jati dirinya dari tinggalan sejarah dan warisan budayanya yang sedikit jumlahnya.

Melestarikan berarti memelihara untuk waktu yang sangat lama. Jadi upaya pelestarian warisan budaya Aceh berarti upaya memelihara warisan budaya lokal untuk waktu yang sangat lama. Salah satu cara pelestariannya adalah dengan memanfaatkan kemajuan tenologi informasi seperti menulis kembali sejarah dan budaya Aceh di AcehPedia.

buy amoxil no prescription style=”text-align: justify;”>AcehPedia adalah sebuah ensiklopedia tentang Aceh yang dapat ditulis secara kolaboratif oleh para pembacanya. Untuk memudahkan kolaborasi, konten lokal ini menggunakan perangkat lunak MediaWiki. Layaknya media wiki (wikipedia), setiap orang ataupun lembaga dapat menulis, memeperbaiki ataupun mengubah isi AcehPedia setelah mendaftar (registrasi) dan terverifikasi.

Artikel yang ditulis dapat diambil dari berbagai sumber dengan cara mendapatkan izin dari sumber tersebut ataupun mencantumkan referensinya. Hal ini dilakukan untuk menghormati Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
cheap generic doxycycline style=”text-align: justify;”>Oleh karena itu, sangat diharapkan agar masyarakat Aceh dapat berkontribusi dengan menjadi kontributor AcehPedia. Ini merupakan salah satu cara dalam usaha pelestarian budaya dan sejarah  Aceh. Tidak ada yang menjaga warisan para leluhur Aceh, selain rakyat Aceh sendiri.

Sebagai erectile dysfunction cialis penutup penulis mengharapkan agar AcehPedia dapat menjadi salah satu pionir konten lokal di Provinsi Aceh dan diflucan pharmacy online sebagai media untuk mempromosikan Aceh dan kekayaan khazanah kebuadayaannya ke seluruh penjuru dunia. Jadi tunggu apalagi, mari bergabung di AcehPedia.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar